Minggu, 27 Juli 2014

Sketsa dan Sejarah Candi Sukuh, komplek Candi Sukuh didirikan pada abad 15 M, semasa dengan pemerintahan Suhita, Ratu Majapahit yang memerintah tahun 1429 - 1446. Komplek candi menghadap ke barat dengan susunan halaman terdiri tiga teras. Ketiga teras tersebut melambangkan tingkatan menuju kesempurnaan. Relief yang terdapat di komplek tersebut juga melambangkan ketiga dunia, yaitu dunia bawah dilambangkan dengan relief Bima Suci, dunia tenggah dilambangkan dengan relief Ramayana, Garudeya dan Sudhamala, dunia atas dilambangkan dengan relief Swargarohanaparwa. Penggambaran ketiga dunia pada relief-relief tersebut menunjukkan tahapan yang harus dilalui manusia untuk mencapai Nirwana.

"Sketsa Candi Sukuh"
DrawingPen - A4
 
Relief Garuda
Relief Garuda menceritakan pembebasan Winata dari perbudakan Kadra oleh Garuda dengan menggunakan mata air Amrta. Winata - ibu Garuda, menjadi budak Kadru - ibu para naga, karena kalah bertaruh tentang warna ekor kuda Ucchaisrawayang keluar selama pengadukan lautan susu (samudramanthana)

Relief Bima Suci Drona
Relief Bima Suci Drona menceritakan bima mencari air kehidupan di Gunung Candramuka dalam perjalanan Bima bertempur dengan dua raksasa Rukmuka dan Rukmakala. kedua raksasa tersebut kalah dan menjelma menjadi Dewa Indra dan Bayu. Bima melanjutkan perjalanan menuju dasar samudera dan bertemu dengan Dewaruci, menyatu melalui telinganya dan menemukan hakekat air penghidupan.

arca-garuda-candi-sukuh
Prasasti Arca Garuda
 Pada arca garuda terdapat prasasti berangka tahun 1363 saka (1441 M) dan 1364 saka (1442 M).

Pelataran Candi Sukuh
Bangunan Utama Candi Sukuh
candi sukuh karanganyar image
"Sketsa Candi Sukuh"
DrawingPen - A4
sketsa candi sukuh
"Sketsa Candi Sukuh"
DrawingPen - A4
Secara keseluruhan pola halaman dan penggambaran relief merupakan symbol menuju keabadian atau kesempurnaan yang diwujudkan melalui upacara keagamaan atau ruwat. Ruwat adalah salah satu sarana untuk menaikkan derajat sesorang kepada tingkatan yang lebih suci yaitu hilangnya "mala" dari dalam diri atau moksa.

Lokasi: dusun sukuh, desa berjo, kec.ngargoyoso, kab. karanganyar. berada di lereng barat gunung lawu pada ketinggian 910 dpl

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!